Rumus
Rumus Excel 2007 Lengkap
tak lepas dari rumus rumus excel yang paling sering digunakan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan
pengelolaan data office. kita tahu sendiri kan rumus excelsangat bervariasi
dan banyak banget. Buat sobat ilmuonline yang lagi mbutuhin rumus Ms excel untuk keperluan kerjaan atau hanya
sekedar mau belajar Ms excel bisa di simak penjelasan singkat saya di bawah ini
:
1.
SUM
Rumus
SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan
/menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25)
artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25
2.
AVERAGE
Fungsi
untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :
=
AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.
3. AND
Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jika
semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu
argument bernilai SALAH.
Contoh
kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik
masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
4.
NOT
Fungsi
not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji
SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
5.
OR
Fungsi
Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua
argument SALAH
6.
SINGLE IF
Fungsi
Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus
7.
MULTI IF
Fungsi
hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh
kasus
8.
AREAS
Fungsi Menampilkan jumlah area
(range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di
sebutkan). Contoh kasus
9.
CHOOSE
Fungsi
Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu
referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.
10.
HLOOKUP
Fungsi
Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat
penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil
ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya
mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus
11.
VLOOKUP
Fungsi
menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau
vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama harus
berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf
A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu
Ascending. contoh kasus
12.
MATCH
Fungsi
menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat
dalam sekelompok data. contoh kasus
13.
COUNTIF
Fungsinya
untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun
rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).
Misal
: menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi.
=COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di
range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah total
siswa yang remidi.
Dan masih banyak lagi
rumus-rumus excel yang mungkin bisa sobat pelajari sendiri. atau sobat bisa
juga mbaca panduan /contoh kasus dari kumpulan rumus-rumus excel 2007 disini.
Perhatian : Dalam beberapa kasus rumus yang menggunakan koma “,” tanpa petik atas ” tidak bisa di gunakan, jadi sobat ganti tanda
koma”,” dengan tanda titik koma “;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya.
Makasih kak untuk toturialnya Jasa Ar Jakarta
BalasHapus